Monday 21 August 2017

Tutorial persiapan audio interface sebelum memulai rekaman dengan nuendo

Pertama tama yang harus kita perhatikan dalam rekaman menggunakan nuendo adalah cara setup sound card kita agar jalur input dan output dari instrumen berasal dari satu kartu suara, atau yang sering kita sebut sound card, yang sebenarnya istilah dari sound card itu sendiri adalah audio interface, suatu alat untuk mengelola dan mengconvert signal analog ke signal digitan, Untuk contoh kali ini saya akan menggunakan sound card yang cukup murah dan sederhana, yaitu USB GUITAR LINK, Kalian bisa lihat di tutorial sebelumnya mengenai USB GUITAR LINK.

Nah langsung saja kita mulai.
- Pertama kalian harus instal driver usb guitar link yang sudah kalian miliki
- Kemudian kalian buka nuendo 4 yang sudah kalian instal
- Setelah terbuka kalian bisa pilih device dan setup device


- Kemudian akan muncul jendela seperti di bawah
Pilih VST AUDIO SYSTEM  kemudian pilih sound card BEHRINGER USB AUDIO
(Khusus yang memakai USB GUITAR LINK SEBAGAI SOUD CARD) Kalau sound card berbeda pilih sesuai nama sound card yang kalian pakai, Contoh  : line 6, Scarlett 2i4 dll


- Setelah men setting Sound card atau audio intervace, kemudian pilih tool bar File new
Pilih folder yang ingin kalian pakae sebagai penyimpanan file recording yang akan kalian pakai.


Nah kalian sudah bisa recording di rumah kalian sendiri hanya dengan menggunakan alat yang bernama USB GUITAR LINK

Berikutnya saya akan memberi tutorial untuk memulai untuk rekaman dengan nuendo, dan saya akan menerangkan satu persatu fungsi dari icon nuende secara detail, 

Di bawah ini adalah hasil rekaman yang sudah saya kerjakan bersama teman saya, hanya dengan menggunakan sound card sederhana dengan hasil yang maksimal.












Demikian tutorial dari saya. semoga bermanfaat....





Follow by email

Delivered by kaprikon.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih.. semoga bermanfaat