Monday 29 March 2021

Tutorial dasar dasar sketchup (sketchup pemula)

Haloo kawan kawan semua, kali ini saya akan membagi sedikit pengetahuan untuk kalian yang baru belajar software arsitektur, khususnya sketchup, Tutorial dasar dasar sketchup (sketchup pemula) ini saya akan mejabarkan tools2 dasar yang paling sering dan sangat berguna dari level dasar sampai expert nanti.

Pertama saya meminta support kalian untuk meluangkan waktu untuk mensupport channel youtube saya di Kaprokon blogger saya akan sering membagikan tutorial untuk pemula agar bisa lebih berkembang di dunia arsitek dan bisa bersaing di dunia arsitektur.

Oke langsung saja saya jabarkan langkah langkah pertama untuk memulai Tutorial dasar dasar sketchup (sketchup pemula)


Langsung saja buka sketchup kalian dan tampilan akan seperti di bawah ini


1. Jika kalian sudah mempunyai file sketchup yang sudah anda kerjakan klik open file

dan tampilan akan seperti di bawah

2. Jika kalian memuali dari awal kalian pilih salah satu tamplate yang biasa anda gunakan. atau satuan milimeter, centimeter atau meter, sesuai kebiasaan kalian.

Setelah memilih tamplate kalian akan melihat tampilan seperti di bawah ini


Hal pertama yang harus anda ketahui dan wajib di pelajari adalah,

1. Jika kalian ingin mengubah satuan dimensi pada sketchup go to Windows-Model info, 

Lihat gambar


Klik Units dan ganti milimeter dengan satuan yang anda inginkan


2. Memunculkan toolbar yang sering dipergunakan di sketchup.


Pada gambar di atas saya sarankan untuk mencentang yang anda perlukan saja agar tidak memenuhi layar sketchup anda.

Sekarang anda sudah siap untuk memulai untuk menggunakan sketchup anda, berikutnya saya akan menjabarkan tools2 yang sangat penting di gunakan dan paling sering di gunakan, 


Nama nama tools dan shortcut pada keyboard



1. Select, Kalian cukup menekan space pada keyboard jika kalian berada pada salah satu perintah tools

2. Erase tools, Shortcut E , Kalian bisa menggunakan nya untuk menghapus objek2 yang ada di pekerjaan kalian.

3. Lines tools, Shorcut L, Untuk membuat garis, 

4. Arc tools, Shortcut A, Untuk membuat garis melengkung.

5. Shapes tools, Untuk membuat circle, rectanggle dll, Shortcut rectanggle R, Shortcut circle C

6. Push/pull, Shortcut P, Untuk menjadikan onjek 2D menjadi 3D

7. Offset, Shortcut F, Untuk mengoffset garis sama seperti autocad

8. Move tool, Shortcut M, Untuk memindahkan objec.

9. Rotate, Shortcut Q, untuk memutar objek

10. Scale, Shortcut S, untuk merubah skala objek


Nah sekian dahulu Tutorial dasar dasar sketchup (sketchup pemula) yang bisa saya berikan, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua,

saya akan membuat video tutorial ini di channel youtube saya, kalain bisa lebih paham dan bisa langsung mempraktekkan nya.

Silahkan download sketchup dan vray terbaru 

Klik di sini

Sekian dan terimakasih









Follow by email

Delivered by kaprikon.blogspot.com

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih.. semoga bermanfaat